Jumat, 04 Desember 2015

Pembuatan Surat Pemberitahuan

Prosedur Pembuatan Surat Pemberitahuan

Surat Pemberitahuan itu sebuah surat pernyataan tembusan yang gunanya untuksebuahberita yang ingin disampaikan. Sifat dalam surat pemberitahuan ini cepat dan tertutup dan terbuka. karena memang semua itu tinggal bagaimana surat pemberitahuan itu akandigunakan dan untuk tujuan apa.Surat Pemberitahuan ketika kitamengeluarkanmaka ituSurat Keluar untuk kita, Namun jika kita yang menerima Surat Pemberitahuannya maka ituSurat Masuk.

Prosedur

1. Konsep Surat Pemberitahuan :
    Dalam membuat surat kita harus dapat mengetahui apa yang akan kita sampaikan untuk orang-orang yang kita tuju dan bagaimana kita akan menyampaikan surat ini melalui konsepcth : Resmi ( ada Kop, Kepada Yth, Palembang, Tempat dan Waktu, dan tanda tangan ) Non Resmi ( Hanya Tempat dan Waktu, serta kata-kata yang menarik ).

2. Pengetikan
Apabila konsep surat telah mendapat persetujuan dan memperoleh nomor surat, maka akan diserahkan kepada bagian penyuratan / sekretaris, untuk di ketik sesuai dengan konsep yang telah ditentukan dengan memakai cth konsep Resmi yaitu Kop, No Surat, Perihal, Kepada Yth, Di Palembang, Tgl Surat diterbitkan, Dengan hormat, Isi, Tempat dan Waktu, … Terimakasih dan Palembang, Tgl Surat. Tanda tangan, Nama jelas, serta Tembusan.

3. Penandatanganan
Setelah pengetikan selesai surat dapat diperiksa sebentar lalu di print setelah itu suratdapat diberikan kepada pimpinan atau penjabat yang berwenang untuk mendapatkan tandatangan nya.

4. Pencatatan
Dalam kebiasaan surat menyurat ini pasti akan ada pencatatan nya setelah Surat telahterlengkapi maka selanjutnya adalah pencatatan yang dilakukan oleh bagian penyuratan / sekretaris kedalam buku agenda.

5. Pengiriman
Surat yang telah terlengkapi dan sudah melakukan proses pencatatan maka akan segera di kirim kan kepada alamat yang dituju.

Sumber : Laporan magang Tommy XI Akuntansi 1 (14/15) di SD Maitreyawira Palembang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar